Menu

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.

Balapan Pelopor Kamera HP 200MP: Samsung, Xiaomi, Motorola

PT. BESTPROFIT FUTURES

Motorola disebut bakal menyalip Samsung untuk menggunakan sensor kamera ISOCELL HP1 200 megaipxel (MP) yang telah diumumkan September lalu. Xiaomi juga disebut bakal segera menyusul. Meski telah membuat pernyataan resmi penggunaan kamera 200 MP pada September lalu, sampai saat ini belum diketahui ponsel seri mana yang telah menggunakan kamera 200 MP. Tetapi menurut keterangan rahasia populer dari akun Twitter, IceUniverse tidak lama lagi hal itu akan diketahui. BESTPROFIT

Dilansir GSM Arena, keterangan rahasia yang terpercaya menyebut ponsel pertama yang akan menggunakan kamera 200 MP kemungkinan datang dari Motorola, kemudian disusul Xiaomi. Di sisi lain, Samsung justru disebut masih akan menunggu sampai 2023 sebelum merilis seri baru perangkat ponsel berkamera 200MP. Kemungkinan Galaxy S23 Ultra akan mendapatkan kehormatan untuk menggunakannya. PT. BESTPROFIT

Bagaimana sensor 200MP akan memberikan tekanan yang signifikan pada ISP, banyak bertanya-tanya apakah produsen terlalu terburu-buru untuk mewujudkannya, khususnya dalam hal pemrosesan yang cukup untuk dapat digunakan sepenuhnya.

Sementara itu, sampai saat ini Samsung masih terus mendorong batas sensor gambar seluler dengan sensor kamera 200 MP ISOCELL HP1.

Sensor tersebut belum sampai ke perangkat keras ritel, tetapi Samsung sempat mengunggah penjelasan singkat dan video tentang apa yang dapat kita harapkan dalam di masa yang akan datang.

HP1 dapat berfungsi seperti beberapa sensor berbeda berkat algoritme remosaicing berbasis pembelajaran mendalam.

HP1 dapat melakukan binning piksel 2x2, yang menghasilkan resolusi 50 MP dengan ukuran piksel efektif 1,28 m di mana mode ini dapat merekam video 8K (pada 30 fps) dengan bidang pandang yang seminimal mungkin.

Mode lain diaktifkan oleh resolusi gila sensor binning 4x4, yaitu 16 piksel sensor digunakan untuk membuat satu piksel gambar. Cara ini menghasilkan resolusi 12,5 MP dengan piksel 2,56 m lebih besar dari kebanyakan sensor di pasaran. PT. BEST PROFIT

Kemampuan pengumpulan cahaya yang luar biasa ditingkatkan oleh sistem pintar seperti Smart-ISO Pro, Staggered HDR, dan banyak lagi, yang akan kita dapatkan dalam hitungan detik. Pertama, perbandingan cepat dengan sensor terkait.

Sensor kamera 50 MP ISOCELL JN1 memelopori ukuran piksel 0,64 m yang membuatnya masih ada hubungan keluarga dengan HP1. Namun, JN1 berukuran lebih kecil, yakni 1/2,76 inci dan sensor baru dapat menyamai resolusi 50 MP dengan piksel yang dua kali lebih besar.

Beda lagi dengan sensor kamera 50 MP ISOCELL GN2 yang disebut sangat besar, yakni 1/1,12 inci dan piksel asli 1,4 m dapat digabungkan ke resolusi 2,8 m dan 12,5 MP. Sensor ini digadang-gadanga dapat mengalahkan HP1.

Kembali ke fitur ISOCELL HP1 sensor kamera 200 MP disebut mendukung multisampling yang rata-rata mampu membaca beberapa kali setiap piksel. HDR terhuyung-huyung menangkap eksposur pendek, menengah dan panjang untuk meningkatkan jangkauan dinamis hingga 100 dB.

Smart ISO bekerja dengan menggabungkan bidikan ISO rendah dan tinggi menjadi satu. Smart ISO Pro memperluas fitur ini ke pengambilan video, yang memungkinkan sensor merekam video HDR dengan artefak gerak yang lebih sedikit.

Terakhir, untuk memastikan autofokus cepat dan akurat, Samsung melengkapi ISOCELL HP1 dengan Double Super PD. Itu memastikan apa yang tertulis di kotak pembungkus, yakni Super PD dengan dua kali lipat jumlah piksel fokus.

Piksel fokus memiliki lensa mikro di atasnya yang membedakannya dari piksel lainnya. Perhatikan bahwa Double Super PD berbeda dari autofokus Dual Pixel di mana setiap piksel adalah piksel fokus (GN2 menggunakan Dual Pixel Pro).

Lalu, kapan kita akan melihat ponsel pertama dengan sensor kamera 200 MP? Sejauh ini belum ada perusahaan yang membuat pengumuman resmi, tetapi rumor mengatakan bahwa Xiaomi pertama kali menggunakan sensor 200 MP Samsung. BEST PROFIT

Perusahaan ini memiliki rekam jejak yang solid dalam menampilkan sensor canggih Samsung, misalnya, sensor 108 MP pertama (HMX di dalam Mi Mix Alpha dan Mi CC9 Pro) dan GN2 1/1,12 inci yang besar (Mi 11 Ultra).

Sumber : cnnindonesia

PT BESTPROFIT FUTURES, PT BEST PROFIT FUTURES, PT BESTPROFIT, PT BEST PROFIT, BESTPROFIT FUTURES, BEST PROFIT FUTURES, BESTPROFIT, BEST PROFIT, BESTPRO, BPF, PT.BPF, BPF BANJAR, BPF BANJARMASIN, PT BEST, PT BPF

Go Back

Comment