Menu

Blog Search

Comments

There are currently no blog comments.

Minus Nmax, Vario, dan W175 Tanpa Kick Starter Hadapi Banjir

PT. BESTPROFIT FUTURES

Demi alasan efisiensi dan kepraktisan, banyak motor 'zaman now' yang dijual di Indonesia tidak dilengkapi engkol alias kick starter dari pabrik. Salah satu kerugian pada motor jenis ini yakni sangat tergantung pada tombol starter, baterai, dan kelistrikan serta bikin sulit bila terkendala mogok karena banjir. BESTPROFITDisarankan buat pemilik motor seperti Yamaha Nmax, Honda Vario Series, Kawasaki W175, dan sebagian besar moge yang tak punya engkol jangan 'bermain banjir' sebab bila mogok ringan minim opsi menyalakan mesin.

Walau demikian sebenarnya masih ada alternatif buat W175 dan jenis motor tanpa engkol namun bertransmisi manual, yaitu didorong buat memaksa mesin menyala.

Kategori mogok ringan karena banjir misalnya busi kebasahan atau knalpot kemasukan air, pada situasi ini masih bisa diupayakan menyalakan mesin menggunakan engkol. Banjir juga berpotensi merusak kelistrikan hingga tombol starter tidak bisa diandalkan. PT. BESTPROFIT

Penting dipahami bila saringan udara sudah basah atau terendam banjir jangan coba-coba menyalakan mesin sebab ada kemungkinan air sudah masuk ke ruang pembakaran dan bisa berakibat fatal pada mesin.

Pemilik bengkel RI Matic Shop, Muhammad Ikim, menjelaskan pada situasi mogok, aktivitas menyalakan mesin pada motor tanpa engkol sulit dilakukan.

"Engkol ini kan ngebantu nyalakan mesin saat starter tangan sudah tidak bisa dipake ya," kata Ikim.

Di luar situasi banjir, Ikim memaparkan engkol umumnya jadi alternatif menyalakan mesin bila baterai tekor. Seperti diketahui baterai punya batas usia pakai dan sebab tidak semua pemilik selalu memperhatikannya bisa saja kejadian mogok mendadak. PT. BEST PROFIT

Buat memantau kesehatan baterai, banyak motor kini punya indikator tegangan listrik. Bila sudah berkurang maka pemilik mesti siap-siap menggantinya sebelum mati total.

"Kalau sudah tekor akinya, kan sulit dinyalain kalau engkolnya tidak ada," ucapnya.

Ikim memberikan tips buat mengatasi motor mogok karena baterai tekor tiba-tiba, yakni dengan cara jumper. Jumper maksudnya menyambungkan kepala baterai menggunakan kabel positif dan negatif dengan baterai lain.

"Jumper sih bisa jika udah tekor. Pake aki motor lain gunakan kabel dengan tembaga agak tebal paling beli Rp20 ribu. Yang kabel merah plus, kabel hitam itu minus. Disambungin aki tekornya bisa hidup lagi," kata Ikim. BEST PROFIT

 

Sumber : cnnindonesia

 

PT BESTPROFIT FUTURES, PT BEST PROFIT FUTURES, PT BESTPROFIT, PT BEST PROFIT, BESTPROFIT FUTURES, BEST PROFIT FUTURES, BESTPROFIT, BEST PROFIT, BESTPRO, BPF, PT.BPF, BPF BANJAR, BPF BANJARMASIN, PT BEST, PT BPF.

 

Go Back

Comment